PUTRA, ADI DWI (2023) ANALISA PENGARUH VARIASI SUDUT KEMIRINGAN 13 DAN 14 DERAJAT PADA DRIVE PULLEY TRANSMISI CVT TERHADAP PEFORMA SEPEDA MOTOR VARIO 150. Diploma thesis, Politeknik Negeri Tanah Laut.
1903301002_Adi Dwi Putra_ANALISA PENGARUH VARIASI SUDUT KEMIRINGAN 13 DAN 14 DERAJAT PADA DRIVE PULLEY TRANSMISI CVT TERHADAP PEFORMA SEPEDA MOTOR VARIO 150 - bangkuy berkelana putra.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pengguna sepeda motor matic terdapat beberapa keluhan yang dirasakan, hal yang dominan menjadi keluhan ialah peforma dari motor matic yang kurang responsive. Salah satunya dilakukan dengan mengubah sudut kemiringan drive pulley pada komponen CVT. Drive pulley berhubungan dengan poros engkol (crankshaft). Sedangkan driven pulley berhubungan dengan final gear dan langsung ke roda belakang. Untuk itu dilakukan analisa variasi sudut kemiringan drive pulley dengan mengubah sudut kemiringannya drive pulley 13o,14o tujuan agar diketahui pengaruh dari sudut kemiringan drive pulley pada sepeda motor matic. Penelitian dilakukan secara eksperimen melalui pengujian sepeda motor matic dengan menggunakan alat dynotest. Untuk pengujian ini menggunakan objek sepeda motor Honda Vario 150cc untuk mengetahui perfomance motor dengan menggunkan sudut kemiringan drive pulley yang berbeda. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa sudut kemiringan drive pulley dapat mempengaruhi performance pada sepeda motor matic diantaranya torsi, daya. Dari hasil penelitian variasi sudut kemiringan drive pulley yang paling baik di peroleh pada sudut kemiringan drive pulley 13o dengan torsi 15,80 Nm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | performance, sudut kemiringan drive pulley |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | D3 - Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan Politala |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 07:30 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 01:54 |
URI: | https://eprints.politala.ac.id/id/eprint/27 |